Rabu, 18 Mei 2011

Rescue Club; Indonesian Rescuer Community

Rescue Club, merupakan kumpulan para rescuer di Indonesia tanpa sekat lembaga dan organisasi. Bertujuan untuk menjalin komunikasi dan berbagi pengalaman antar rescuer di mana saja di seluruh Indonesia. Tentu saja, dengan saling berbagi pengalaman akan semakin banyak ilmu, wawasan dan keterampilan yang bisa dimiliki oleh para rescuer.

Tidak ada yang merasa paling hebat, paling senior di perkumpulan ini. Karena kami para rescuer juga tidak mengenal ego pribadi dalam keseharian maupun dalam aktifitas penyelamatan di lapangan. Yang dibutuhkan adalah kerja tim, kekompakan dan saling mendukung serta melengkapi kekurangan masing-masing. Oleh karena itu, kewajiban kami para rescuer adalah senantiasa menambah wawasan dan keterampilan terkait aktifitas yang sehari-hari dilakukan, yakni tindakan penyelamatan.

Ruang ini dibuat untuk saling berbagi, siapapun yang pernah memahami atau mengalami suatu pengalaman dan tindakan penyelamatan diharapkan untuk bisa berbagi kepada para rescuer yang lain. Semakin banyak ilmu yang kita bagi, akan semakin banyak para rescuer terlahir di bumi Indonesia yang memang sangat membutuhkan banyak tenaga rescuer berkeahlian.

Sudah lazim diketahui bersama, bahwa Indonesia merupakan negeri dengan beragam bencana yang terus mengancam, baik bencana alam berupa gempa, tsunami, banjir, banjir bandang, angin topan, gunung meletus, juga bencana yang setiap hari bisa terjadi, seperti kebakaran. Masih ada juga kejadian-kejadian yang masuk dalam kategori gawat darurat 24 jam, kejadian yang bisa terjadi kapan saja tanpa bisa dihindari. Misalnya, anggota keluarga terkena setrum (aliran listrik), luka bakar (panas), dan masih banyak lagi.

Fokus aktifitas Rescue Club, selain berbagi pengalaman adalah melakukan berbagai edukasi dan training emergency kepada publik, korporat dan berbagai instansi yang membutuhkan. Rescue Club juga harus siap hadir di lokasi bencana pada saat terjadi bencana. Namun terpenting dari itu semua adalah, sebanyak-banyaknya melakukan program-program edukasi kebencanaan dalam rangka pengurangan dampak resiko bencana (mitigasi).

Mari bergabung, mari berbagi, mari beraksi!

1 komentar:

  1. Columbia Titanium Boots - Titanium Games
    The Columbia Titanium everquest: titanium edition Boots offers an innovative and titanium prices durable thaitanium design to fit your titanium rod in femur complications gaming PC and titanium straightener tablet. The design is lightweight and comfortable

    BalasHapus